Thursday, March 18, 2010

PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR LINGKARAN

PENGERTIAN LINGKARAN
Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup, dimana titik-titik pada lengkungan tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu yang dimaksud disebut titik pusat. Berikut gambar lingkaran:


UNSUR-UNSUR LINGKARAN
Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam lingkaran


  1. Titik Pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran. Pada gambar diatas, titik O merupakan titik pusat lingkaran.
  2. Jari-jari lingkaran (r) adalah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran. Pada gambar diatas jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis OA. OB. OC
  3. Diameter (d) adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat. Pada gambar diatas BC merupakan diameter lingkaran. Panjang diameter lingkaran adalah 2 kali panjang jari-jari lingkaran atau bisa ditulis d = 2r.
  4. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut. Pada gambar di atas, garis lengkung AC (ditulis ) merupakan busur lingkaran. Busur lingkaran dibagi menjadi 2, yaitu busur kecil dan busur besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya busur lingkaran. Ini berarti yang dimaksud adalah busur kecil.
  5. Tali Busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Pada gambar diatas garis lurus AC merupakan tali busur.
  6. Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Yang berwarna kuning merupakan tembereng yang dibatasi oleh busur dan tali busu AC. Tembereng dibagi menjadi 2, yaitu Tembereng kecil dan Tembereng besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya Tembereng. Ini berarti yang dimaksud adalah Tembereng kecil.
  7. Juring adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut. Pada gambar di atas, yang termasuk juring adalah AOB. Seperti busur dan tembereng, juring juga dibagi menjadi 2, yaitu juring kecil dan juring besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya juring saja. Ini berarti yang dimaksud adalah juring kecil
  8. Apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran. Garis tersebut tegak lurus dengan tali busur.
Bagi yang menginginkan file powerpoint dari materi ini, klik link berikut:

lingkaran (harus memakai office 2007 atau office 2010)


Untuk mempermudah download daftar disini 

30 comments:

Unknown said...

boleh minta email adminnya ga

Unknown said...

Sangat membantu..,Thanks gan

Unknown said...

Makasih info nya ๐Ÿ˜Š

Unknown said...

Makasih info nya ๐Ÿ˜Š

Tri Arisandi Wibowo said...

min boleh di email ke sya ?

Unknown said...

Terima kasih penjelasannya.. Tuhan memberkati.. Amin ! 3x

Unknown said...

hallo

Anonymous said...

Nice

RhMy_HR said...

Ini sangat membantu

Unknown said...

Makasih untuk ilmu pengetahuan klas 6

Unknown said...

Thank you gusy

Unknown said...

makasih banyak kaa๐Ÿ˜Š

Unknown said...

jazakallah khairan katsiran ....

Unknown said...

Link powerpoint mati

Unknown said...

Betul betul betul

budijoglo said...

Triamakasih,,,
Sangat membantu,,,

Adi said...

terima kasih sudah membantu๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‰

Unknown said...

Thank you ๐Ÿ˜Š

Unknown said...

Gomawo ihh :)

Unknown said...

Bagus๐Ÿ‘

Unknown said...

Penjelasannya jelad

Unknown said...

Terima kasih kuy

Unknown said...

Kalaw oc disebut ap..?

Unknown said...

Kalaw o ke c d sebut apa..?

Ni gw said...

Sangat membantu sekali :)

Unknown said...

Opppppppppppa...

Anonymous said...

Bieng t nyaho

SDIT Alumni said...

Thanks Gan

andrie.rps said...

Trims sekali.... barakallah... Aamiin

williamdoty said...

The Fall collection is ready to hit the stores, and we cannot keep calm. After more than a year spent at home when home wear and activewear for women were doing the rounds, it’s time now for the fashionistas and the fashion designers to go bold and fearless with the Fall collection.