Friday, March 26, 2010

Cara Belajar Matematika Yang Baik

Untuk dapat benar-benar menguasai matematika, kamu harus mengetahui cara belajar yang baik. Bagaimana cara belajar yang baik itu? Apakah harus menghafal semua rumus-rumus matematika? Apakah harus terus menerus mengerjakan latihan soal matematika? Berikut ini tips cara belajar matematika yang baik.

  • Lihat peta konsep dibukumu jika ada. Ini memudahkanmu dalam belajar karena di peta konsep ada urut-urutan yang harus dipelajari.
  • Pahami betul definisi-definisi yang ada. Definisi ini menjadi dasar dalam matematika. Jika kamu dapat memahami semua definisi dalam matematika, bisa dikatakan pola pikirmu sudah benar. Tidak perlu dihafal, cukup dipahami. Misalkan definisi segi empat adalah bangun datar yang dibatasi oleh 4 sisi. Pahami definisi ini. Sekarang apakah jajar genjang, persegi, layang-layang, belah ketupat termasuk segi empat? Jika kamu bisa menjawab ini, bisa dikatakan pola pikiranmu sudah mulai benar.
  • Buat ilustrasi-ilustrasi yang sesuai dengan permasalahan dalam matematika. Buat gambar jika bisa karena ini akan lebih mempermudah pemahaman.
  • Kuasai rumus umum yang digunakan kemudian turunkan rumus itu ke bentuk khusus untuk lebih mempermudah. 
  • Teliti dalam menyelesaikan permasalahan dan teliti setelah mengerjakannya. Ketelitian ini penting karena sebagian kesalahan dalam mengerjakan matematika adalah kurang teliti.
  • Perbanyak mengerjakan soal-soal. Soal-soal ini bisa didapat dari buku, internet, maupun dari sumber lain. Dengan mengerjakan soal cerita akan lebih mempertajam pola pikir dan logika.
  • Jangan pernah malas mencari soal-soal baru. Anggap soal sulit sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Biasanya saat pikiran sudah lelah akan sulit menemukan solusi dalam mengerjakan matematika. Istirahat sejenak dan tidur kalau perlu. Saat pikiran fresh, akan lebih mempermudah dalam mengerjakan soal tersebut.
Mulailah belajar matematika dengan benar. Belajar secara perlahan tapi benar dan terus menerus lebih membuatmu mudah menguasai matematika dan pelajaran lain.

1 comments:

hosting murah indonesia said...

ma'af sobat mengganggu nich...ada pengumuman tentang kontes seo. yu' ikut meramaikan, terimakasih :D267
http:www dot indositehost.com/kontes-seo.php