Saturday, March 27, 2010

Strategi Menguasai Matematika

Pernahkah di hatimu sedikit keinginan untuk dapat menguasai Matematika? Seberapa besar keinginan itu? Apa kamu mempunyai kesulitan untuk mewujudkannya? Kenapa itu terjadi? Terlalu sulitkah atau karena cara belajar kamu yang salah?



Terlalu banyak pertanyaan untuk dijawab tentang penguasaan matematika. Memang matematika menjadi salah satu ilmu yang ditakuti sebagian besar pelajar Indonesia. Bukan karena tidak suka, tapi karena mereka sulit menguasainya. Coba lihat mereka yang menguasai suatu ilmu pengetahuan, Bahasa misalnya, pasti mereka sangat bangga dan senang jika pelajaran itu datang. Kenapa dengan Matematika? Bagaimana cara agar menguasai matematika dan suka dengan pelajaran matematika?


Berikut ini strategi yang dapat anda lakukan untuk menguasai matematika:

  1. Mulai dengan menggunakan cara belajar matematika yang baik
  2. Selesaikan permasalahan matematika secara terurut 
  3. Pakailah rumus yang sesuai dengan permasalahan. Usahakan jangan memakai cara cepat dalam bentuk apapun. Dengan menguasai matematika dan sering mengerjakan soal-soal matematika kamu akan memperoleh cara cepatmu sendiri.
  4. Perbanyak menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika baik teori maupun aplikasi. Ini untuk mengasah kemampuan berfikir dan logika kita karena pada dasarnya matematika lebih pada logika daripada hafalan.
  5. Tanya orang yang bisa matematika jika ada kesulitan
  6. Teliti dan pahami permasalahan yang diberikan.
Strategi di atas jika benar-benar anda lakukan, Matematika akan menjadi menyenangkan...jika ada sanggahan, silahkan komentar.  

0 comments: