Monday, May 10, 2010

Pembelajaran Dengan Media Blog

Perkembangan teknologi seperti saat ini hendaknya jangan menjadi hambatan untuk kita. Tapi jadikan itu sebagai pemicu kita untuk lebih berkembang. Salah satunya adalah semakin murah dan canggihnya fasilitas internet. Jika kita tidak bijak menggunakannya, bisa-bisa kita terjerumus.


Salah satu fasilitas internet yang sedang booming saat ini adalah Blog, yaitu sarana untuk berkreasi melalui tulisan agar bisa dibaca semua orang yang sedang menggunakan internet. Ada banyak penyedia blog gratis dan tentunya ini sangat bermanfaat untuk kita.

Salah satu manfaat blog yang sangat berguna adalah untuk sarana pembelajaran siswa di sekolah. Kenapa? karena, setiap siswa jaman sekarang dituntuk untuk tidak gaptek dan juga tidak terbawa arus teknologi itu sendiri. Dengan adaknya pembelajaran melalui blog ini, siswa dapat ditugaskan untuk mencari soal-soal atau materi-materi dari internet untuk kemudian dipresentasikan dengan powerpoint di sekolah.


Ini akan sangat membantu perkembangan dan prikologis siswa itu sendiri. Jadi mereka datang ke warnet atau menggunakan internet hanya untuk nggame, facebook atau hal-hal yang malah merusak mereka. Para guru dapat mengupload soal-soal kemudian meminta siswa mencarinya diinternet dengan memberi alamat blognya. Kemudian soal tersebut harus dikumpulkan.

Dengan cara seperti ini, diharapkan siswa bisa belajar dua hal sekaligus, yaitu belajar internet dan juga belajar pelajaran yang ada diinternet. Guru juga bisa menyuruh siswa untuk membuat artikel-artikel atau karya-karya lainnya kemudian diposting di blog. Jika mereka suatu saat mengetahui tulisan mereka ada diinternet, mereka akan sangat senang sekali. Mereka akan semakin terpacu untuk membuat karya-karya  baru.

Metode pembelajaran seperti ini mungkin bisa dipertimbangkan guru agar para siswa tidak bosan karena pelajaran dalam kelas saja. Para siswa tentu akan lebih rileks dengan mendapat tugas mencari bahan-bahan dari internet.Berikut keuntungan yang diharapkan dengan metode pembelajaran dengan media blog:

  1. Dapat menguasai materi pelajaran
  2. Lebih banyak sumber materi
  3. Dapat menguasai teknologi internet
  4. Dapat menggunakan internet untuk hal yang bermanfaat
  5. Membuat siswa lebih kreatif

0 comments: