Saturday, May 1, 2010

Guillaume de l'Hôpital

Guillaume François Antoine, Marquis de l'Hôpital (1661 - 2 Februari 1704) adalah seorang ahli matematika Perancis. Namanya dikenal luas untuk teorema yang digunakan untuk menghitung nilai limit bentuk tak tentu. l'Hôpital biasanya dieja sebagai "l'Hospital" dan "l'Hôpital."

l'Hôpital lahir di Paris, Perancis. Nama ayahnya adalah Anne-Alexandre de l'Hôpital (Letnan Jenderal tentara King's). Nama ibunya Elisabeth Gobelin (putri Claude Gobelin, Intendent di King's Army dan Penasihat negara) Dia awalnya telah merencanakan karir militer, tetapi penglihatan buruk menyebabkan dia beralih ke matematika . Dia memecahkan masalah brachistochrone , terlepas dari matematikawan kontemporer lain, seperti Isaac Newton  Dia meninggal di Paris.

L'Hôpital adalah penulis buku teks pertama pada infinitesimal calculus and mathematics, l'Analisis des Infiniment four pour l'intelligence des Lignes Courbes. Diterbitkan tahun 1696, teks tersebut memasukkan perkuliahan gurunya, Johann Bernoulli, di mana Bernoulli membahas bentuk tak tentu 0/0. Ini adalah metode untuk menyelesaikan bentuk-bentuk tak tentu dengan pengulangan diferensiasi yang diberi nama seperti namanya.



Pada 1694 ia memiliki kesepakatan dengan Johann Bernoulli . Kesepakatan itu adalah bahwa l’Hôpital akan dibayar Bernoulli 300 Franc setahun untuk menceritakan penemuannya, yang l'Hôpital gambarkan dalam bukunya. Pada 1704, setelah kematian l'Hôpital's, Bernoulli mengungkapkan kesepakatan itu kepada dunia, mengklaim bahwa banyak dari hasil di buku l’Hôpital's adalah karena dia. Pada tahun 1922 ditemukan teks yang memberikan dukungan untuk Bernoulli. Cerita meluas bahwa l’ Hôpital mencoba untuk mendapatkan kredit untuk menciptakan aturan l'Hôpital's adalah palsu: ia menerbitkan bukunya secara anonim, mengakui bantuan Bernoulli dalam pengantar, dan tidak pernah mengaku bertanggung jawab atas aturan tersebut.

0 comments: