Thursday, April 8, 2010

Hakikat Belajar Matematika

Mempelajari matematika tidak sama dengan mempelajari bahasa atau ilmu sosial. Jika mempelajari bahasa atau ilmu sosial mengharuskan kita untuk sering-sering membaca, berbeda dengan matematika. Ada hal unik dan menarik saat mempelajari matematika yang tidak ada di pelajaran lainnya. Hal-hal tersebut hanya bisa dirasakan saat kita benar-benar tahu dan memahami persoalan matematika yang dapat kita selesaikan. Hal unik dan menarika tersebut adalah:
  1. Kepuasan hati dan rasa lega yang tak terhingga
  2. Keinginan untuk terus dan terus mempelajari
  3. Lebih memahami kehidupan dari sudut pandang matematika
  4. Kemampuan nalar dan logika yang luar biasa
Pada hakikatnya, belajar matematika merupakan proses melatih untuk otak untuk dapat berpikir logis, teratur, berkesinambungan dan menyatakan bukti-bukti kuat dalam setiap pernyataan yang diucapkan. Dalam matematika kita tidak dapat mengatakan sesuai tanpa ada bukti yang kuat. Misalnya, seorang ayah bilang ke anaknya "Jika kamu dapat rangking 1, ayah akan membelikanmu sepeda". Pada saat penerimaan raport ternyata sang anak dibelikan sepeda baru oleh ayahnya, apakah berarti sang anak tersebut dapat rangking 1? Jawabannya belum tentu. Alasan lebih jelasnya dapat kamu ketahui ketika kamu mempelajari Logika Matematika.

Untuk benar-benar memahami matematika, selain membaca dibutuhkan waktu lebih untuk memikirkan setiap permasalahan matematika. Tidak harus selesai saat itu, bisa dipikir saat makan, saat jalan-jalan, dan setiap saat yang kosong asal jangan waktu sholat. Kesalahan terbesar adalah memaksa otak untuk menyelesaikan setiap kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Hal tersebut hanya akan menambah stress dan membuat otak tidak dapat berpikir lagi. 

Dalam belajar matematika dibutuhkan otak dan daya pikir yang kuat. Jika sudah lelah berpikir dan tidak menemukan pencerahan, istirahatlah. Gunakan untuk tidur, main game atau hal-hal yang bisa membuat pikiran releks. Jika dirasa pikiran sudah OK lagi, kamu bisa kembali belajar. Dengan pikiran yang jernih dan tidak dalam penuh, semua persoalan matematika yang kita pikirkan akan dapat terselesaikan sedikit demi sedikit. 

Mulai perbaiki cara belajar matematikamu!!!!

0 comments:

Popular Posts